9 Kuliner Ngapak, Gampang Dicari Dilapak dan Pasti Enak

Kalau lagi jalan-jalan ke daerah ngapak, ga lengkap kalau ga nyoba kulinernya. Sederhana tapi bikin ketagihan. Bukan cuma warteg aja yang terkenal, tapi masih banyak camilan dan makanan yang bisa kita nikmati dibeberapa daerah ngapak.

Pernah denger slogannya “ora ngapak, ora kepenak”, yang artinya ga ngapak tuh ga enak. Ga cuma bahasanya aja yang enak, kuliner ngapak juga ga kalah enaknya.

 

  1. Tempe Mendoan. 

as

Bicara tentang kuliner ngapak. Yang paling terkenal adalah tempe mendoan. Tempe yang digoreng dengan tepung diberi sedikit daun bawang, tak terlalu kering dengan bentuk tempe berukuran besar, itu yang membedakan tempe mendoan dengan tempe-tempe goreng pada umumnya. Yang sering membuat berbeda, entah kenapa kalau makan tempe mendoan didaerahnya sendiri dengan tempe mendoan didaerah lain, rasa dan nikmatnya berbeda. Entah ini hanya perasaan saya saja atau memang kebanyakan juga berpendapat sama seperti saya. Didaerah ngapak seperti Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Banjarnegara, Purbalingga akan sangat mudah menemukan makanan ini.

2. Tempe Dages atau tempe gembus. 

dages

Tempe Dages, ini juga salah satu kuliner asli ngapak. Tidak disembarang kota bisa menemukan jenis ini. Sebenarnya, makanan ini termasuk golongan makanan yang tidak bergizi karena tempe dages terbuat dari bekas ampas pembuatan tahu. Warnanya hitam keputihan. Cara menyajikannya sama dengan tempe mendoan, digoreng dengan tepung hanya bedanya tempe dage lebih enak jika di goreng kering. Meski tak bergizi, jika sudah melahapnya tak ingin berhenti sebelum habis. Banyak orang Jogja menyebutnya dengan tempe Gembus. Padahal di Kota ngapak sendiri ada makanan yang bernama gembus, namun bukan tempe gembus.

3. Gembus.

gembus

Gembus adalah camilan yang terbuat dari singkong. Singkong dipilih yang empuk kemudian ditumbuk menyerupai gethuk. Kemudian dibentuk bulat-bulat seperti cincin besar dan digoreng. Warnanya putih agak kekuningan. Ini kuliner khas cilacap. Selain di kota cilacap, gembus lumayan sulit didapat. Harganyapun tak mahal. Rasanya gurih, empuk saat panas dan agak kenyal saat dingin. Sangat enak jika disantap bersama dengan bumbu pecel.

4. Gethuk Goreng.

getuk

Bahan dasar dari gethuk goreng juga berasal dari singkong. Rasanya beraneka ragam. Dari yang gula jawa sampai rasa duren juga ada. Bentuknya lembek dan legit jika di gigit. Ini banyak dijual didaerah banyumas. Rasanya sangat manis, meski ada rasa durian tetap rasa dominannya adalah manis.

5. Tahu Brontak

tahuberontak

Entah dari mana diberi nama tahu brontak. Mungkin karena didalamnya bercampur-campur sayuran seperti dalam pemberotakan. Tahu brontak adalah tahu yang isinya beraneka ragam sayuran yang sebelumnya sudah ditumis terlebih dahulu, kemudian dimasukan kedalam tahu diberi tepung dan di goreng. Isinya beraneka ragam, ada juga yang tak hanya sayuran, bisa daging atau bihun.

6. Soto Sokaraja.

soto-sokaraja

Soto ini banyak dijual didaerah sokaraja yaitu banyumas dan sekitarnya. Rasa sotonya berbeda dengan soto yang ditemui didaerah jawa yang lainnya. Soto ini ditambahi dengan kacang tanah yang telah digoreng, kemudian ditumbuk dan dibubuhkan diatas soto tersebut. Selain ada tambahan kacang, soto inipun diberi kerupuk merah. Ada yang dicampuri ayam ataupun babat. Rasanya lezat dan gurih. Cocok disantap selagi cuaca dingin.

7. Sale Pisang.

ids

Camilan manis ini banyak ditemui disepanjang kota ngapak. Namanya saja sale pisang, pastinya bahan dasarnya sudah jelas terbuat dari pisang. Rasanya manis. Ada yang membuat dengan pisang yang diiris tipis-tipis cocoknya mungkin disebut keripik sale pisang. Dan ada juga yang pisangnya diiris tebal-tebal. Namun tetap saja rasa khasnya manis.

8. Nopia 

okil

Nopia makanan khas banyumas. Bentuknya bulat terbuat dari tepung terigu didalamnya terdapat adonan gula jawa dan memiliki berbagai macam rasa. Mirip bakpia tapi berbeda rasa. Banyak yang menyebutnya dengan “ndog gludug” dalam bahasa jawa.

9. Lanting 

okill

 

Lanting makanan berbahan dasar ketela ini bentuknya bulat menyerupai angka delapan. Dulu rasanya hanya gurih saja, namun seiring berjalannya waktu lanting memiliki banyak aplikasi rasa. Dari yang pedas, manis, gurih sampe campuran pedas manispun tersedia dibanyak penjual. Makanan khas ngapak ini bisa dijumpai diberbagai kota sekarang ini.

Kalau berkunjung kedaerah ngapak, jangn ragu untuk mencoba salah satu makanan diatas. Dijamin bakal ketagihan!.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s