10 tempat wisata alam murah meriah di Yogyakarta

Mendengar kata Yogyakarta, pasti pikiran yang tertuju adalah segala macam budaya jawa yang melekat dikotanya. Yogyakarta adalah kota wisata yang dibandingkan dengan kota-kota lain terhitung murah. Bisa dilihat dari segi makanan yang di jual di area komplek-komplek wisata masih tergolong bisa di jangkau masyarakat, mungkin karena disini banyak sekali mahasiswa sehingga harga yang di cantumkan penjual juga tidak mahal. Begitu juga dengan wisata alam yang tersedia di kota ini, harganya tidak membuat kantong kamu  tipis, namun anda tetap mendapatkan keindahan alam sejuta nikmatnya.

Mau tahu, wisata murah meriah nan indah di kota Yogyakarta, mari kita intip bersama artikel Hipwee dibawah ini :

1. Bicara Yogyakarta pasti lekat dengan keindahan pantainya

pantai indrayanti

Didaerah yang masih masuk Yogyakarta, kita akan menemui banyak pantai. Pantai yang memberikan keindahan alamnya berada di sekitaran Gunung kidul. Yang paling sedang terkenal salah satunya adalah pantai indrayanti. Pantai ini menampilkan kesexyannya melalui pasir putih dan tebing yang indah. Sekitar dua jam menuju pantai indrayanti dari kota Yogyakarta. Masuk ke pantai indrayanti kita hanya membutuhkan biaya Rp. 10.000,- per orang dan untuk tiket parkir motor Rp. 4.000,- dan untuk mobil Rp. 15.000,- . Jika  kamu ingin lebih hemat, kamu bisa membawa bekal sendiri untuk makan di sana, atau jika memang tidak siap menyiapkan bekal di Pantai ini, menyediakan banyak warung untuk kamu menyantap makanan dengan suasana pantai.

2. Sri Gethuk adalah wisata alam selanjutnya yang bisa kamu tuju lebih dekat dari kota Yogyakarta.

sri gethuk

Jika kamu bosan dengan pantai, di Sri Gethuk inilah wisata murah selanjutnya. Wisata yang terletak tidak begitu jauh dari kota Yogya ini menyuguhkan pemandangan air terjun dan nuansa alam yang sangat asri. Kamu bisa berenang sesuka hati dibawah air terjun, dengan aliran sungai. Jika, kamu tak pandai berenang disana juga di sewakan pelampung dengan harga Rp. 5.000,- saja. Masuk ke wilayah Sri gethuk ini tak kalah murah juga harga tiketnya, hanya Rp. 7.000,- kamu sudah bisa menikmati dinginnya air terjun Sri Gethuk. Untuk menuju air terjun dari arah parkir, kamu bisa menggunakan perahu sederhana yang penumpangnya membayar Rp. 5.000,- per orang atau bisa juga dengan berjalan kaki sambil menikmati sawah-sawah disekitarnya. Di sini kamu juga bisa beratraksi dengan melompat dari sebuah bukit yang dibawahnya adalah aliran sungai yang berada di bawah air terjun.  Tapi, jika kamu tidak cukup keberanian untuk mencobanya lebih baik kamu memilih untuk menyusuri sungai bisa dengan pemandu yang disediakan disana.

3. Bosan dengan wisata air, kamu bisa mencoba untuk belajar pendakian di Gunung Purba.

IMG-20131006-WA004

Gunung Purba terletak di daerah Pathuk, Wonosari hanya sekitar satu jam dari kota Yogyakarta. Wisata ini cocok untuk kamu yang ingin mencoba pendakian, karena Gunung Purba tidak terlalu tinggi, dan hanya cukup 2 jam untuk pendaki pemula, itupun jika kamu sering berhenti di pos-pos peristirahatan. Tapi, untukmu sangat menyukai alam, setelah kamu mencapai puncak Gunung Purba, kamu akan speechles melihat keindahan alam yang Tuhan ciptakan sedemikian rupa. Tiket masuk ke Gunung Purba bisa kamu raih hanya dengan Rp.7.000,-. Sebaiknya kamu mendaki ketika cuaca cerah, karena jika kamu naik setelah hujan atau ketika hujan jalan menuju puncak sangat licin, karena jalannya berupa tanah merah. Di Purba, kamu juga bisa nge-camp bersama teman-temanmu. Menginap dipuncak gunung untuk menikmati pemandangan alam di pagi dan malam hari.

4. Disini kamu akan menemukan makanan khas yang disebut Jadah Tempe, dimana lagi kalau bukan Kaliurang.

goa jepang

Di kaliurang salah satu wisata alam murah adalah Goa jepang. Untuk masuk ke Goa Jepang kamu hanya membutuhkan biaya Rp. 5.000,-. Perjalanan menuju Goa Jepang sekitar 1 kilometer dari pintu masuk. Namun, kamu harus punya tenaga ekstra untuk sampai ke puncaknya, ini hampir mirip dengan pendakian rendah. Goa Jepang merupakan wisata peninggalan Jepang. Jika kamu tak berjiwa petualang, mungkin kamu akan menyerah ketika menyusuri goa ini. Ada 25 Goa yang berada diatas pegunungan kaliurang. Perjalanan menuju ke goa jepang tidak terlalu terjal hanya bentuknya naik. Didekat pintu masuk kamu akan menemukan banyak penjual buah dan jadah tempe, karena memang makanan khas kaliurang adalah Jadah Tempe. Jadah adalah sebutan bahasa jawa dari Ketan. Biasanya pasangannya adalah tempe bacem.

5. Jika kamu suka foto mengenai alam, di Hutan Pinus Imogiri  juga bisa menjadi tempat indah untuk memperbanyak koleksi foto indahmu.

hutan pinus

Berbentuk hanya banyak tumbuhan pinus yang menjulang tinggi kamu bisa menikmati kesejukan dan kesunyian di Hutan Pinus Imogiri. Biasanya wisata ini difungsikan untuk mereka yang berburu tempat indah untuk berfoto di alam. Disini juga tidak di pungut biaya, hanya parkir kendaraan saja untuk kendaraan bermotor dipungut biaya Rp. 2.000,-. Akan sangat sering jika kamu datang ke Hutan Pinus ini, kamu akan menemukan pasangan yang sedang menjalani foto prewedding. 

6. Setelah itu, perjalanan bisa dilanjutkan ke  Kebun Buah Mangunan yang letaknya tidak terlalu jauh dari Hutan Pinus.

  pizap.com14110251294736Namanya Kebun Buah Mangunan, memang banyak buah-buah yang ditanam disana, tapi yang menarik perhatian. Kamu, bisa menikmati pemandangan yang berupa pegunungan yang dibawahnya terdapat penampakan sungai dibawahnya. Menarik lagi, untuk para Fotografer yang berburu pemandangan alam yang menakjubkan. Hanya Rp. 5.000,- untuk masuk ke Kebun Buah Mangunan. Kamu akan melewati perjalanan sekita 15 menit untuk sampai di bukitnya, setelah itu kamu harus turun kebawah untuk bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan.

7. Wisata yang murah di Yogyakarta bisa juga mengunjungi tempat-tempat ziarah rohani

Yogyakarta tidak hanya terkenal dengan budayanya yang tinggi, namun rohaninya juga. Ini dibuktikan dengan adanya banyak wisata rohani yang disediakan disana. Untuk wisata rohani kebanyakan tidak dipungut biaya masuk, hanya biaya parkir kendaraan saja. Wisata rohani tersebut antara lain :

a. Sendang Sono

Sendang-Sono-1

Ziarah rohani yang terletak di daerah kulonprogo ini, mampu menghipnotis kamu dengan keadaan yang begitu sunyi. Hawa dingin akan menyelimutimu ketika masuk area Sendang Sono.

b. Sendang Jati Ningsih

jatiningsih

Tempat yang dekat sekali dengan kali progo,selain kamu bisa berdoa disini kamu juga bisa menikmati pemandangan alam kali progo disampingnya.

c. Masjid Mataram Kota Gede

masjid

Bangunan ini merupakan bangunan peninggalan mataram. Masih berdiri kokoh didaerah Kotagede. Sampai saat ini masjid Mataram Kota Gede masih sering di gunakan untuk beribadah warga setempat. Ciri khas Hindu dan Budha terlihat dari tiang dari kayu yang dibangun pada masa pemerintahan Sultan Agung.

d. Ganjuran

ganjuran

Ganjuran merupakan tempat wisata rohani umat beragama khatolik. Kamu bisa melihat arsitektur dari perpaduan agama khatolik,  budha serta  hindhu. Karena bentuknya yang candi sehingga memperlihatkan toleransi yang baik antara Khatolik, Hindu, serta Budha.

8. Kalau mau belajar sejarah sama berekreasi bisa juga loh ke candi-candi yang ada sekitaran Yogyakarta.

Kalau yang kamu tahu di Yogyakarta cuma candi Prambanan kamu salah, di Yogyakarta banyak candi-candi kecil misalnya candi Sambi sari, Candi Kalasan dan candi Ijo yang jika masuk kesana tanpa tiket, kareana gratis. Candi tersebut juga tidak kalah bagus kog dengan candi Prambanan.

a. Candi Sambi sari

g

Candi ini terletak didaerah sambisar, letaknya tidak jauh dari bandara Adi Sutjipto.

b. Candi kalasan

candi kalasan

Bisa kan buat foto indah kaya gini?

c. Candi Ijo

candi ijo

kalau langitnya cerah hasilnya menawan.

9. Kalau kamu pengen ngerasain kaya di Gurun pasir, kami bisa ke Gumuk Pasir.

gumuk pasir

Di Indonesia tidak ada kan wisata Gurun pasir, kalau kamu pengen ngerasain panasnya Gurun pasir, di Yogyakarta ada loh tepatnya berada di area dekat dengan pantai parang tritis. Namanya mungkin aneh Gumuk adalah sebutan bahasa jawa yaitu Gundukan. Masuk ke wisata Gumuk Pasir ini tiketnya hanya Rp.3.000,-. Cukup meriah kan? Ayo nikmati sensasinya serasa di Gurun pasir.

10. Yang ga mau jauh-jauh  wisata di daerah Yogyakarta kota bisa langsung meluncur ke Tamansari.

taman sari

Taman sari adalah salah satu wisata yang dekat dengan kota, karena memang letaknya di daerah alun-alun yogyakarta. Tiket untuk masuknya hanya Rp. 3.000,-.

Tidak harus mahal kan kalau mau cari wisata yang indah. Pilihan terbaik adalah Yogyakarta, apalagi bisa bareng dengan pasangan pasti akan lebih asik dan tidak membuat kantong tipis.

Ayo, jelajahi Yogyakarta kota sejuta kenangan.

Iklan

2 tanggapan untuk “10 tempat wisata alam murah meriah di Yogyakarta

  1. Ngacoo.. Gbr asal jiplak ya? Goa jepang di kaliurang mana ky gitu.. Wkwkwkwkwk… Infonya juga ad yg gak valid. Sy sdh kt4 lgsg.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s